Jumat, 28 Juni 2013

on 1 comment

Membuat Animasi Kupu-Kupu Dengan Macromedia Flash


Kali ini saya akan berbagi bagaimana cara membuat animasi kupu-kupu dengan macromedia flash. Disini objek yang kita buat bergerak yaitu pada bagian sayap nya. Berikut merupakan langkah-langah nya :
Langkah awal, buatlah terlebih dahulu kerangka sayap dari kupu-kupu, kurang lebih seperti gambar dibawah ini:
 
Kemudian copy kerangka sayap tersebut dan pastekan, setelah itu transform sayap kupu-kupu yang telah dipaste tadi di menu modify > transform > flip horizontal. Sehingga gambarnya nanti menjadi seperti dibawah ini.
 
Setelah itu buatlah kerangka badan dari kupu- kupu menggunakan oval tool kemudian gabungkan badan kupu-kupu dengan sayapnya tadi, setelah itu block semua bagian kerangka dari kupu-kupu kemudian klik tomlol Ctrl + Shift + D dan pindahkan  layer 4 ( layer dari badan kupu-kupu ), diatas 2 layer dari sayap kupu-kupu, sehingga hasilnya nanti kurang-lebih seperti gambar dibawah ini.
Setelah itu blok lagi semua kerangka kupu-kupu, kemudian pilih menu insert > conver to symbol (F8) , kemudian beri nama kupu-kupu. Kemudian klik 2x objek kupu-kupu tersebut. Untuk mempermudah ubalah nama dari masing-masing layer nya.

Klik bagian badan dari kupu-kupu, kemudian klik kanan pada Frame ke 5 dan pilih insert frame.
 
Setelah itu blok frame 1 pada kedua sayap kupu- kupu kemudian klik kanan dan pilih create motion tween.
Kemudian pilih sayap kupu-kupu yang sebelah kiri dan pilih free transform kemudian pindah kan titik sumbu sayap kiri ke tengah-tengah badan dari kupu-kupu. Lakukan ini juga kepada sayap sebelah kanan.
Setelah itu blok frame ke 6 pada kedua layer sayap kupu-kupu kemudian klik kanan dan pilih insert keyframe.
Blok pada frame ke 3 pada kedua layer sayap kupu-kupu dan pilih insert keyframe. Dan klik kanan pada frame ke 6 pada badan kupu-kupu kemudian insert frame. 
Setelah itu arahkan kursor pada fram 3 kedua sayap kupu-kupu dan kemudian kecilkan kedua yap kupu-kupu tersebut dengan free transform kemudian kecilkan dan hasilnya kurang lebih seperti gambar dibawah ini.
Setelah itu klik kanan kemudian pilih insert frame pada frame ke 6 untuk layer satu, kemudian klik kanan lagi dan pilih action. Nanti akan muncul form action dan pilih movie control kemudian pilih goto.
Untuk mengetes hasil tadi pilih menu control > test movie. Dan untuk menyimpan pilih menu export movie.

Maka Hasil nya akan seperti ini:






1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.